Perkembangan yang Terjadi Saat Usia Kehamilan 8 Minggu

Kehamilan usia 8 minggu memang membutuhkan perhatian khusus bagi ibu hamil sendiri. Pasalnya pada usia kehamilan tersebut, maka telah terjadi perubahan secara fisik mengenai bentuk payudara yang dirasa cukup signifikan. Bukan hanya itu, perubahan mood ibu hamil selama masa kehamilan mungkin akan membuat lebih frustasi menghadapi hal semacam ini.

Paling tidak pada usia kehamilan 8 minggu, ibu hamil diharapkan mampu mengendalikan suasana dan menyiasati perubahan emosi. Mungkin beberapa gejala lain akan merasa sulit tidur pada malam hari karena bawaan sang janin. Nah, ada baiknya pula ibu hamil mengetahui perkembangan yang terjadi saat usia kehamilan 8 minggu.

Inilah Perkembangan Yang Terjadi Saat Usia Kehamilan 8 Minggu

Perkembangan yang Terjadi Saat Usia Kehamilan 8 Minggu
Perkembangan yang Terjadi Saat Usia Kehamilan 8 Minggu

1. Minggu Pertama 

Janin dalam kandungan kini sudah memasuki usia ke 8 minggu. Jadi, organ-organ dalam tubuhnya mulai terbentuk dan ekor mungil yang tadinya muncul pada si bayi, sudah mulai menghilang. Bahkan si bayi sudah mulai menunjukan pergerakan dan pergeseran yang cukup stabil. Hanya saja pergerakan ini masih belum dapat Anda rasakan dengan benar selama beberapa minggu. Namun Anda perlu tahu bahwa lengan-lengannya yang mungil mulai bertumbuh dan sudah mulai dapat melenturkan pergelangan tangannya dengan perlahan.

2. Minggu Kedua 

Selanjutnya, si bayi mulai memberikan perubahan pada lututnya yang kecil, karena tumbuh dan membesar. Perkembangan yang pesat ini masih belum cukup untuk Anda bisa melakukan pemeriksaan guna melihat,  apakah bayi Anda berjenis kelamin laki-laki atau perempuan. Pada minggu ini, biasanya panjang embrio sudah mencapai 1.6 cm. Bahkan ekor embrionya pun kini sudah mulai menghilang. Sementara itu, beberapa organ yang telah terlebih dahulu terbentuk sama halnya di bagian otot dan sarafnya sudah mulai berfungsi dengan perlahan.

3. Minggu Ketiga 

Siapa sangka bahwa sel-sel syaraf mulai bercabang dan saling terhubung satu dengan yang lainnya membentuk jalur syaraf primitif. Bukan hanya itu, perubahan yang terjadi mulai menyentuh bagian pergelangan tangannya yang sudah mulai bisa menekuk dengan lentur dan selaput pada kaki-kaki mungil kini telah menghilang dan jari-jari kakinya sudah mulai terlihat. Hal lain yang harus Anda tahu bahwa kaki kelopak matanya sudah mulai menutupi bagian matanya yang kecil. Perkembangan embrio mulai berubah dan memasuki usia janin karena organ di dalam tubuh mulai terbentuk.

4. Minggu Keempat 

Saat ini plasenta mulai berkembang dan mengembung membentuk struktur bernama korionik vili yang membantu melekatkan plasenta ke dinding rahim. Pada usia kehamilan 2 bulan, maka tulang-tulang si bayi sudah tumbuh dan begitu pula dengan jari-jari tangan maupun kakinya. Sebetulnya masa kehamilan ini  juga akan mempengaruhi perubahan untuk penampilan fisik Anda. Kini payudara Anda sudah mulai terbentuk membesar dan mungkin membutuhkan ukuran bra yang lebih besar.

Itu dia Perkembangan Yang Terjadi Saat Usia Kehamilan 8 Minggu. Semoga saja informasi di atas bermanfaat bagi Anda semua. Sekian dan terima kasih. Tetap jaga kesehatan Anda dan janin dalam kandungan.

0 Response to Perkembangan yang Terjadi Saat Usia Kehamilan 8 Minggu

Posting Komentar